5 Tanaman Rekomendasi Untuk Pergola Rumah

Memiliki pergola di rumah tentunya semakin menambah kesejukan suasana bersama keluarga. Pergola merupakan bagian rumah namun berdiri sendiri, yang biasanya berfungsi sebagai peneduh taman dengan ditumbuhi tanaman rambatan yang indah. Tapi, pemilihan tanaman rambat yang cocok dipergola sangatlah penting. Maksud hati ingin memperindah taman rumah, malah tanaman liar yang tumbuh di pergola. Agar taman semakin cantik dan sejuk karena pemilihan tanaman yang cocok.  Berikut 5 tanaman rambat yang cocok untuk pergola.

1. Flame of Irian ( Mucuna novo-guineensis  / Mucuna novaeguinensis)

jamuin.com

Nama umum yang dikenal secara international adalah Flame of The Forest atau New Guinea Creeper atau Red Jade Vine.  Mucuna novo-guineensis atau synonimnya Mucuna kraetkei Warb atau Mucuna lenticellosa K. Schum. adalah jenis genus Mucuna yg berasalah dari papua (irian jaya dan papua new guinea) sedangkan yg berasal dari amerika selatan di sebut Mucuna bennettii. Tanaman pergola ini bisa digunakan untuk taman luas anda sehingga terkesan lebih indah.

2. Wisteria / Glycine (Wisteria Sinensis)

thetreecenter.com

Wisteria mengeluarkan bunga di awal musim semi, sekitar bulan april sampai mei.  Saat pertama hanya bunga yg keluar dari cabang2, tanpa daun sekalipun, hanya bunga yg menggantung dengan ceria membuat pergolaku sangat semarak.  nah sekitar seminggu atau 10 hari kemudian baru mulai muncul daun muda.  Wisteria dengan 2 pilihan warna : ungu dan putih (wisteria alba).

3. Tanaman Alamanda

berantumyuks.blogspot.com

Sekilas alamanda sangat mirip dengan mandevilla, tetapi bentuk kelopaknya berbeda. Alamanda berwarna kuning atau merah muda, dan bisa tumbuh sangat lebat. Tumbuhan ini biasa ditanam sebagai pagar hijau. Jika hendak menjadikannya tanaman untuk pergola, pastikan pergola Anda memiliki rangka yang kuat, karena alamanda tumbuh sangat lebat.

4. Shower Orchid

jamesmissier.blogspot.com

Shower Orchid memiliki keunggulan kelopak bunga yang tidak mudah rontok dan penanaman yang mudah (hanya butuh pemupukan 4 bulan sekali). Meski bernama orchid, tanaman ini sama sekali bukan termasuk jenis anggrek. Bunga ini sangat menyukai panas matahari jadi cocok untuk penutup pergola.

5. Hedera

garduni.co

Hedera dipercaya sebagai salah satu tanaman pembersih udara. Tumbuhan ini terdiri atas beberapa pesies, yang berdaun hijau mengkilap, berdaun agak panjang, dan yang berdaun hijau dengan corak putih. Meski banyak dijumpai sebagai tanaman gantung, hedera juga kerap digunakan sebagai tanaman rambat penghias dinding ataupun kanopi.

Saat ini, mau tidak mau kita membeli rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas dan halaman yang agak sempit. Hal ini selain menjadikan kurangnya tempat bermain anak, juga membatasi kita untuk menanam pohon di halaman. Tapi, jangan kuatir. Karena rumah dengan halaman terbatas tetap bisa menjadi lahan hijau yang sejuk dan asri. Caranya cukup dengan membangun pergola di sisa halaman yang ada.

Pergola adalah konstruksi sederhana yang bisa dibuat dari pipa logam maupun kayu. Pergola dibuat menyerupai kanopi. Bedanya, penutup yang akan digunakan adalah tanaman rambat. Sama-sama menangkal cahaya dan panas matahari, tapi lebih hijau dan membuat rumah makin sejuk. Ada banyak jenis tanaman rambat untuk halaman rumah yang bisa Anda gunakan, tinggal pilih mana yang disukai. Bahkan Anda juga bisa menggunakan tanaman rambat sayur-sayuran atau buah, agar halaman dan pergola di rumah tersebut lebih produktif.

Selain tanaman-tanaman di atas, tumbuhan rambat yang biasa digunakan adalah mawar, bougenville, dan melati. Tumbuhan rambat akan sangat pas untuk menambah keindahan dinding eksterior dan taman Anda. Jangan lupa untuk merawat secara rutin sesuai kebutuhan tiap jenis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *