5 Trik Agar Tanaman Dalam Pot Cepat Berbuah

Ketika anda harus tinggal di tempat yang padat penduduk layaknya perkotaan tentu permasalahannya adalah tanah untuk menanam tanaman. Jangan menanam, tanah untuk tempat tinggal saja sudah menjadi rebutan di perkotaan apalagi untuk menanam tanaman. Sedangkan jika anda harus pergi ke pedesaan hanya untuk mendapatkan tanaman yang berbuah rasanya buang-buang waktu, tenaga bahkan uang saja. Karena ada masalah ini maka Petani Indonesia harus bisa menemukan cara berkebun yang baik. Salah satunya mensiasati ditanami di pot dimana agar tanaman dalam pot cepat berbuah.

Namun penanaman tanaman yang menggunakan pot biasanya membatasi tanaman tersebut untuk bisa berbuah. Nah berikut ini ada tips dan trik yang bisa anda gunakan bagaimana menanam di pot namun tetap bisa berbuah lebat. Apa saja ?

Perhatikan intensitas sinar matahari

Pertama yang harus anda perhatikan adalah apakah tanaman yang telah anda tanam merupakan jenis yang memang membutuhkan sinar matahari, seperti mangga, sirsak, dan kelengkeng dan beberapa tanaman tropis lainnya. Jika memang iya maka anda tidak bisa menaruhnya di tempat sejuk bahkan tertutup karena akan busuk. Sedangkan ada beberapa tanaman yang tetap bisa hidup walaupun matahari cukup terik.

Sebagian tanaman lagi layaknya tanaman jeruk, apel, ceri, dan belimbing membutuhkan sinar matahari dengan intensitas sedang, karena daunnya mudah layu saat panas. Jadi saat hari mulai memasuki waktu siang, pindahkan tanaman yang butuh sinar sedang ke tempat yang lebih sejuk. Hal seperti ini harus anda perhatikan, mengingat syarat tumbuh tanaman berbeda-beda.

Pengendalian Air Saat Penyiraman

Untuk mendapatkan tanaman dalam pot yang bisa berbuah lebat maka anda harus memperhatikan jumlah air yang anda berikan. Air yang banyak bukan berarti menjadikan tanaman subur dan bagus. Salah kaprah dan justru malah sebaliknya. Memang dasarnya ilmu menanam dimana Petani Indonesia yang kurang atau jarang menyiram air tanaman bisa mati kekeringan.

Namun sebaliknya, apabila  terlalu banyak pun bisa mati karena busuk. Perlu dilakukan penyesuaian, tergantung kebutuhan air dari tanaman buah itu sendiri. Selain itu, ada juga tanaman yang ketika ditanam di tempat yang teduh akan rentan terkena stres air dan juga permasalahan yang banyak lagi seperti hama dan lainnya.

Jika hal ini sudah terjadi tentu saja cara menanam anda agar tanaman dalam pot cepat berbuah sudah tidak berlaku lagi.  Penyiraman perlu diperhatikan karena jika tanaman mendapatkan suplai air yang berlebih, maka bunganya akan jarang muncul, yang subur cuma daunnya saja.

ptnasa.net

Pemangkasan

Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada daun-daun yang sudah tua saja dan sekiranya memakan air banyak. selain itu tanaman yang tumbuh di pot membutuhkan nutrisi yang banyak untuk berbuah dan berkembang jika digunakan hanya untuk daun saja atau bunga saja tentu sayang. Makannya pemangkasan menjadi hal yang penting.

Tambahkan pupuk kandang agar tanah lebih subur

Ketika anda menanam di pot bukan berarti tugas anda menanam sangat mudah dan ringan. Sebagai Petani Indonesia anda jangan puas hanya dengan menyiram dan membiarkan tanaman terkena sinar matahari saja.

Justru tanaman yang ada di dalam pot membutuhkan asupan dari luar jika tidak akar pohon tersebut tidak bisa menyebar atau mencari selayaknya pohon yang ditanam bebas.  Jika Anda terlalu repot untuk melakukan pembelian pupuk, Anda bisa membelinya secara online. Dan, tanaman pun cukup dilakukan pemukukan satu kali sebulan.

Bersihkan area sekitar pot

Ketika anda menanam di pot maka bukan berarti tidak mungkin tanaman tersebut tidak bermasalah. Bisa saja banyak gulma dan hama yang bisa menghampiri tanaman anda dan hal tersebut akan mengurangi kemungkinan tanaman berbuah. Pot harus dibersihkan terutama dari gulma yang mengganggu dan mengambil nutrisi pohon anda. Selain itu sesekali gemburkan tanah hanya menggunakan sekop saja tidak perlu pacul seperti di tanah biasa.

Meskipun terlihat sulit jika anda menggunakan trik-trik diatas dengan benar maka anda bisa mendapatkan pohon dan tanaman yang berbuah sesuai yang anda harapkan. Bukan tanpa sebab, buah memang paling sulit tumbuh dan paling sulit hadir ketika tanaman di tanam. Jika hanya sekedar mempertahankan agar tidak mati rasanya cukup mudah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *