Belajar Menanam Daun Seledri dengan Cara Sederhana

Sebagai petani indonesia, anda sedang mencari tahu bagaimana menanam seledri atau daun seledri sederhana untuk dilakukan? Silakan simak uraian berikut yang akan membahas mengenai cara mudah menanam seledri. Seledri merupakan salah satu sayuran yang banyak digunakan untuk membuat makanan. Tanaman ini sendiri dapat tumbuh dengan sangat baik di daerah subtropis.

Seledri dapat tumbuh baik di daerah dengan ketinggian 1000 hingga 1200 mdpl dengan suhu udara sekitar 15 hingga 24 derajat celsius. Selain itu, seledri juga dapat tumbuh baik dengan kondisi kelembaban udara sekitar 80 hingga 90%. Berikut ini petani Indonesia bisa menggunakan cara bagaimana menanam seledri dengan mudah :

Persiapan Awal

Setelah kita mengkondisian lahan dan media budidaya, langkah selanjutnya adalah tentukan tujuan dari budidaya seledri yang anda lakukan, karena ini akan berpengaruh terhadap bibit yang akan tanam. Bibit seledri bisa dari biji (generatif) atau perbanyakan dari anakan (vegetatif). Untuk memilih yang mana, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan dari penanaman seledri ini.

Untuk anda yang membudidayakan seledri untuk konsumsi sendiri maka cukup dengan perbanyakan vegetatif atau dari anakan. Disarankan bagi Anda yang masih awam, lebih baik jangan ambil risiko terlalu besar. Pilih skala budidaya yang lebih kecil dengan menerapkan perbanyakan vegetatif.

Persiapan Bibit Seledri

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan benih seledri yang akan kita tanam. Anda bisa membeli seledri di pasar terlebih dahulu untuk dibudidayakan kemudian. Namun untuk memastikan kualitas seledri yang unggul sebaiknya anda membeli bibit yang jelas asal usulnya, atau bisa membeli biji seledri di toko pertanian terpercaya di kota anda.

Proses Penanaman

Setelah media tanam dan benih siap, maka langkah selanjutnya adalah proses penanaman. Berikut ini:

Pertama, silahkan cabut bibit dari baki semai dengan menyiramkan sedikit air agar mudah dicabut, lakukan dengan hati-hati dan secara perlahan. Buat lubang pada media tanam di dalam polybag sedalam 3 cm, lalu masukkan bibit dan timbun kembali dengan media tanam.

Proses Perawatan Seledri

Setelah ditanam, langkah selanjutnya adalah perawatan. Proses perawatan sendiri bertujuan agar tanaman seledri yang sudah kita tanam bisa tumbuh optimal. Memang, tidak ada persentase pasti tingkat keberhasilan dari budidaya seledri ini. Namun jika proses di atas sudah kita ikuti dengan benar kemudian kita juga merawat dengan benar, maka persentase keberhasilannya juga tentu akan lebih besar.

Anda hanya perlu melakukan perawatan intensif dengan melakukan penyiraman tanaman seledri setiap pagi dan sore. Tujuannya hanya untuk menjaga kelembaban dari media tanam seledri. Jangan siram terlalu banyak agar tidak becek dan menjaga akar busuk.

Penyiraman rutin dapat Anda lakukan setiap hari selama seminggu pertama setelah bibit dipindahkan dari tempat persemaian. Setelah itu, Anda cukup menyiram seledri 3 kali dalam seminggu dengan menyesuaikan cuaca. Apabila kemarau, cukup 3 kali seminggu. Jika sedang musim penghujan, sesuaikan dengan kelembaban media tanam dan pindahkan tanaman ke tempat yang tidak terkena air hujan secara langsung.

Proses Pemanenan

Langkah terakhir adalah proses yang kita tunggu-tunggu, yaitu pemanenan. Dimana setelah kurun waktu 2 – 3 minggu biasanya seledri sudah bisa dipanen. Cara menanam seledri di polybag memang tidak menghasilkan tanaman seledri dalam jumlah banyak, namun setidaknya Anda bisa konsumsi sendiri untuk keluarga atau tetangga.

Tanaman seledri sendiri merupakan salah satu tanaman yang memang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu anda bisa mengonsumsinya dengan sup anda bisa mencampurnya dengan salad dan lainnya.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *