Budidaya Pepaya California Cepat dan Menguntungkan

Pepaya atau dalam bahasa latin disebut Carica papaya merupakan salah satu buah-buahan yang berasal dari daerah tropis. Budidaya pepaya California bisa dilakukan di dataran rendah sampai ketinggian 100 meter dpl. Tapi ketinggian lahan optimalnya berkisar 50-700 meter dpl. Tanaman yang satu ini menyukai curah hujan sekitar 1000-2000 mm setiap tahun yang merata sepanjang tahun. Untuk penanaman di daerah yang kering tanaman ini memerlukan penyiraman secara teratur. Untuk petani Indonesia tentu mudah budidaya pepaya khususnya pepaya california.

Namun, untuk anda yang belum tahu bagaimana tahapan yang tepat untuk budidaya pepaya california sehingga cepat panen dan menguntungkan. Nah anda harus lihat ulasannya pada Petaniindo.com karena budidayanya dilakukan dengan cara yang mudah seperti Cara Budidaya Tanaman Okra yang Tepat.

Budidaya Pepaya California

youtube.com

1. Pembibitan

Anda bisa mendapatkan bibit pepaya California di petani lain yang membudidayakan tanaman ini atau bisa juga dengan membibitkan sendiri. Caranya yaitu dengan membuat dan hanya perlu menyediakan benih pepaya untuk disemaikan. Bila kamu ingin melakukan pembibitan secara manual, bisa mengambil biji dari buah pepaya yang sengaja dibiarkan matang di pohon.

2. Penanaman

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam pepaya diantaranya adalah lahan tanam harus dilakukan pengairan sehari sebelum ditanami. Pindahkan bibit pepaya berserta dengan polybagnya ke lubang tanam. Usahakan pada proses pemindahan agar tanah pada polybag tetap utuh dan tidak boleh hancur, sehingga bibit tidak layu bahkan mati. Selanjutnya tutup lubang tanam dengan menggunakan pupuk kompos/kandang. Bibit yang dipindahkan ke lahan tanam setidaknya berumur 5 bulan dan proses penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari.

3. Penyiraman

Penyiraman biasanya dilakukan dengan mengalirkan air pada saluran irigasi yang telah dibuat. Jangan menyiram langsung pada tanaman karena akan menyebabkan kebusukan pada batang tanaman.. Selanjutnya adalah pemupukan untuk menambah kandungan unsur hara di dalam tanah.

Pupuk yang bisa dipakai dalam budidaya pepaya California adalah pupuk kompos atau pupuk kandang. Seminggu setelah masa tanam sebaiknya ditambahkan pupuk NPK dengan dosis 200 gram setiap pohon. Ketika pepaya sudah memasuki usia 3 bulan berikan pupuk NPK 300 gram /pohon. Usia 6, 9 dan 12 bulan dengan pupuk NPK 500 gram ditambah pupuk kandang 40 kg / pohon. Ketika tanaman pepaya sudah mulai berbuah bisa ditambahkan pupuk KCI supaya tanaman memiliki daya tahan yang kuat selain itu pemberian pupuk ini akan membuat rasa buah semakin manis.

4. Panen

Buah pepaya California yang siap untuk dipanen bisa dikenali dari tanda-tandanya yaitu ada semburat berwarna kuning di bagian buah pepaya yang sering terlihat di bagian ujung buah. Cara memanen buah pepaya yang baik bisa menggunakan gunting untuk memotong bagian tangkai buah. Buah ini bisa dipanen dengan periode waktu 10 hari sekali. Agar buah terlihat segar ketika selesai dipanen sebaiknya buah ditempatkan di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung dan diberi alas plastik atau koran bekas.

Informasi tambahan (pemupukan)

Pemupuk kan tanaman pepaya California sebenar nya dapat di lakukan mulai dari saat penanaman bibit, dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos yang takaran nya 40 kg setiap 1 pohon. Pemupuk kan selanjut nya dapat di lakukan setelah umur tanaman mencapai 2 minggu dengan menggunakan pupuk NPK yang takaran nya 200 gram setiap 1 pohon.

Proses pemupukan yang tepat dan benar akan sangat berpengaruh baik terhadap tanaman pepaya California. Pemberian pupuk yang tepat dan benar akan meningkatkan hasil panen, karena tanaman dapat tumbuh dengan subur dengan buah yang lebat.Dalam budidaya pepaya California, kita harus memperhatikan jenis pupuk yang cocok yang dapat di pergunakan, yang di antara nya pupuk organik yaitu pupuk kandang dan pupuk kompos.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *