Cara Menanam Bayam Merah Dengan Mudah

Bayam adalah jenis sayur yang paling banyak disukai mulai dari anak- anak hingga orang dewasa, biasanya kita menemukan bayam berwarna hijau saja. Rasanya yang tidak pahit serta lembut jika dimasak merupakan daya tarik tersendiri yang dimiliki bayam, maka tak heran setiap paginya di pasar setiap penjual sayur pasti menjual bayam dan pasti selalu habis tak tersisa diborong pembelinya.

Bayam juga banyak diminati karena harganya yang sangat ekonomis tidak seperti sayuran lain dan memasaknya pun sangat mudah dan sederhana dan alternatif yang tepat untuk mereka yang ingin mengonsumsi sayur plus kuah namun dengan rasa yang lebih baik.

Nah untuk Petani Indonesia yang mencoba menanam bayam merah, berikut ini cara ampuh dan trik yang bisa anda ikut. Apa saja ?

krossnx.wordpress.com

1. Media Tanam

Pertama jika anda ingin mencoba menanam bayam merah, maka hal pertama yang bisa anda lakukan yaitu mempersiapkan media tanam. Sebenarnya menanam bayam merah cukup mudah, dengan syarat tumbuh bayam merah akan tumbuh subur di daerah bersuhu kurang lebih sekitar 16 hingga 20 derajat celcius menandakan Petani Indonesia harus menanam di daerah berdataran tinggi atau bercuaca sejuk.

Selain itu dengan keasaman tanah kurang lebih sekitar 6 hingga 7. Anda bisa siapkan media tanam di dua tempat. Pertama anda bisa siapkan persemaian dengan menggunakan media semai. Setelah itu anda siapkan juga tanah dengan guludan yang sudah di suburkan sebelumnya. Sehingga ketika benih sudah jadi bibit akan siap dipindahkan dan ditanam.

2. Persemaian

jurnalasia.com

Bibit bisa kita dapatkan dengan membeli langsung dari tempat-tempat khusus, seperti para penjual bibit, dinas pertanian toko pertanian. Selain membeli, Anda dapat melakukan pembenihan sendiri. Caranya, dengan memanen bunga tanaman itu untuk diolah menjadi bibit. Diawali dengan proses memetik bunga, menjemurnya, memisahkannya dari kulit dan kotoran, dan menyimpan bibit sebelum kemudian ditanam.

Pertama, Anda bisa melakukannya dengan cara tanam langsung, yakni menyebarkan benih ke atas bedengan-bedengan. Benih bayam cukup halus, sehingga kita harus mencampurnya dengan tanah sebelum disebarkan ke atas bedengan. Cara kedua, yaitu cara tanam tidak langsung. Menebar benih dahulu, baru setelah itu menanamnya kembali di atas lahan, namun jangan terlalu tinggi karena benih akan sulit tumbuh atau justru dibawa oleh hewan.

3. Pemanenan

jurnalasia.com

Proses pemanenan bayam bisa dilakukan dengan cara mencabut ataupun memetik daun atau batang muda. Untuk bayam merah, proses yang digunakan yakni memetik.

Pemanenan dapat dilakukan pada umur 1-1,5 bulan dengan cara mencabut tanaman bayam secara hati-hati supaya akar tanaman tidak ikut tercabut. Hasil panen bayam merah akhirnya siap dipasarkan setelah dibersihkan terlebih dulu dengan air.

Meskipun bayam merah cukup mudah untuk dibudidayakan, tentu saja pada kenyataannya tidak akan semudah itu untuk menanam sayuran ini. Ada beberapa hama pengganggu yang harus dikenali dan diwaspadai sebelum merusak kebun bayam Anda.

Kondisi tanah dan cuaca di Indonesia memang mendukung untuk budi daya bayam merah. Akan lebih bagus apabila Anda mulai menyemai benih bayam merah menjelang musim penghujan karena bayam merah akan lebih cepat tumbuh di musim ini.

Akan tetapi, harus diwaspadai beberapa gulma dan hama pengganggu yang bisa merusak panen bayam merah Anda. Untuk anda yang benar-benar ingin mencoba menanam bayam merah anda bisa memulainya menggunakan polybag jika memang tidak ada halaman atau lahan yang cukup luas. Hanya perlu diingat bahwa modal bayam merah tentu saja air yang cukup banyak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *