Fun Facts mengenai Tanaman Lidah buaya

Aloe vera atau lebih dikenal dengan sebutan lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman tropis sukulen yang memiliki bentuk seperti daun berdaging. Daun ini memiliki banyak manfaat baik sebagai obat maupun untuk kosmetik. Sebenarnya bukan di jaman modern saja tanaman lidah buaya digunakan dan dimanfaatkan manusia.
Banyak sejarah yang menyatakan bahwa manusia jaman dahulu sudah tahu bagaimana menggunakan lidah buaya dan memanfaatkannya. Lidah buaya merupakan tananaman yang cukup unik karena mengandung berbagai senyawa biologis aktif seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon dan berbagai lektin. Lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah dikenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang jika dijabarkan benar-benar memukau banyak orang. Siapa sih yang tidak suka dengan manfaat dan kehebatannya ?
Marieclaire.com

Fakta Terkait Tanaman Lidah Buaya

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai fakta terkait tanaman lidah buaya, kira-kira tanaman hebat ini bisa menghasilkan keuntungan apa saja ya ?

  • Kandungan aktif lidah buaya yang telah berhasil dikenali oleh para ahli diantaranya adalah 18 jenis asam amino, 20 mineral, dua belas vitamin, 75 nutrisi, dan banyak senyawa aktif lainnya menghantarkan banyak peneliti untuk membuat sampo dan barang-barang kosmetik dari lidah buaya. Kandungan tersebut sangat baik untuk digunakan sebagai bahan dasar berbagai kosmetik. Di samping itu, lidah buaya pun baik digunakan untuk membuat shampo.
  • Lidah buaya rupanya juga memiliki bagian yang mengandung molekul dengan fungsi melancarkan sembelit, jangan dibiasakan memakan sambal agar bisa buang air atau obat-obatan. Lapisan luar lidah buaya dapat diekstrak menjadi obat pencahar yang terbilang ampuh untuk melancarkan buang air.
  • Anti septik, bagian lidah buaya yang bisa dimanfaatkan adalah akar dan daunnya; menilik pada kandungan flavonoid, tannin, polifenol, dan saponin di dalamnya. Saponin adalah pembersih luka yang efektif, tannin mencegah terjadinya infeksi pada luka, dan polifenol serta flavonoid yang berperan sebagai anti-septik.
  • Setengah sendok jus lidah buaya yang diberikan selama 14 minggu, terbukti mengurangi kadar gula darah sebesar 45 persen. Rasanya memang tidak seenak jus jambu ataupun smoothies. Namun minuman ini sangat-sangat berguna dan bermanfaat untuk anda yang diabetes.
tl.wikipedia.org

Manfaat lainnya selain diatas yaitu :

  • Lidah buaya digunakan untuk menebalkan rambut, Cara mengobati adalah dengan cara ambil 1 potong lidah buaya lalu bersihkan lah dagin lidah buaya lalu kupaslah daging lidah buaya, di situ ada lendirnya maka basahi rambut anda dengan lidah buaya sebelum di usapkan kepada rambut basahi terlebih dahulu rambut anda setelah merata tunggu hingga 5 menit lalu bilaslah rambut anda dengan air
  • terakhir yaitu mangatasi kecing manis, cara mengobatinya adalah dengan ambil 1 potong lidah buaya lalu kupaslah dagingnya dan bersihkanlah dengan air dagingnya, lalu rebuslah  daging lidah buaya dengan air sebanyak 3 cangkir di dalam panci, sebelum di rebus tirislah daging lidah buaya tersebut, setelah mendidih minumlah ramuan tersebut sebanyak tiga kali dalam satu hari, masing-masing  ½ gelas saja.
  • Lidah buaya kerap disebut dengan istilah ‘lily of the desert’ karena konon, lidah buaya dapat bertahan hidup di gurun
  • spesies lidah buaya di dunia diperkirakan mencapai angka 2000, tersebar di berbagai belahan dunia
  • pada 1862, menurut catatan sejarah, ditemukan selembaran kertas yang ditengarai terbuat dari tumbuhan bergerigi ini. Geroge Ebers, penemunya, memperkirakan kertas tersebut dibuat 3500 tahun BC, pada masa Mesir Kuno.

Dari penjabaran berbagai fakta dan keunikan tentu anda tahu dan percaya kan sekarang bahwa Lidah buaya ternyata memang bermanfaat dan menjadi tanaman yang bisa membawa banyak kebaikan jika dimanfaatkan dengan benar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *