Keindahan “Kebun Mini” dalam Kaca ala Terarium

Apa yang anda rasakan jika melihat sebuah taman ? sejuk, nyaman, indah dan sebagainya. Nah bagaimana anda bisa membawa taman didalam rumah bahkan diatas meja anda. Tentu para Petani Indonesia akan kebingungan menjawabnya kan.

Ada sebuah merupakan seni taman (tanaman hias) di dalam media yang terbuat dari kaca ataupun plastik transparan, mungkin biasa dikenal sebagai vas atau aquarium. Keunikan dari terarium terletak pada bahan yang digunakan dan fungsinya sebagai taman mini. Selain itu, ukuran terarium ini juga dapat disesuaikan dengan ketersediaan tempat.

Terarium memang dibuat berdasarkan keindahan sehingga bisa diletakkan di atas meja kantor maupun di meja makan. Dengan demikian, orang tidak perlu harus ke alam terbuka hanya untuk dapat menikmati pemandangan tumbuhan hijau. Ini sangat cocok untuk dikembangkan di kota-kota besar yang minim pemandangan hijau.

Pembuatan Mudah dan Cepat

Untuk membuat terarium ini, tidak harus memiliki keterampilan khusus dan modal yang besar. Sebab peralatan dan bahan-bahan yang digunakan bukanlah barang-barang yang mahal dan sulit untuk ditemukan. Selain itu, bahan-bahan dan peralatan tersebut juga bisa diganti dengan menggunakan barang-barang bekas. Sedangkan untuk keterampilan yang dibutuhkan tidaklah harus khusus, sebab proses pembuatan terrarium ini sangat mudah.

Persiapan Pembuatan

yliving.com

Tentukan Tanaman

Karena Terarium ditempatkan di dalam ruangan sudah jelas anda harus bisa tanaman hias yang harus Anda pilih pun adalah tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari terlalu banyak. Namun juga anda harus bisa memilih tanaman yang bisa hidup terbatas dan pertumbuhannya tidak terlalu cepat. Seperti tanaman paku, kaktus, sukulen, dan lumut, dan juga yang tetap berukuran kecil meski telah dirawat.

Tentukan Wadahnya

Anda dapat menggunakan wadah, seperti bohlam lampu, botol, dan akuarium yang tak lagi terpakai. Jika wadahnya tertutup, sebaiknya ingat untuk sesekali membuka tutupnya agar tanaman bisa merasakan udara yang segar.

Daerah Perkotaan 

Daerah perkotaan merupakan kawasan yang identik dengan minimnya penghijauan. Dimana masyarakat berusaha mencari-cari tempat untuk dapat menikmati pemandangan hijau yang jarang ditemui. Terranium dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti kebutuhan mereka tersebut. Dari segi bisnis-pun, terrarium mempunyai prospek sangat bagus karena belum banyak yang menekuni usaha ini sebagaimana budidaya tanaman hias dalam pot.

Manfaat Terarium

makezine.com

Bisnis terarium merupakan salah satu yang menguntungkan. Terutama apabila Petani Indonesia bisa mengembangkanmenjadi sebuah peluang usaha yang bagus yang mampu memberikan keuntungan tinggi, khususnya anda yang di perkotaan. Dengan terciptanya peluang usaha ini, maka akan terbuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat

Selain itu, terarium merupakan produk yang terdiri dari kaca, plastik transparan dan tanaman hias, sebagai bahan pokoknya. Kaca dan plastik transparan tersebut merupakan barang-barang dianggap sebagai limbah atau sampah yang tidak berguna dan tentu memenuhi sampah rumah tangga anda. Namun anda bisa menggunakannya dan memanfaatkannya untuk membuat terarium.
Maka dapat mengurangi limbah plastik dan kaca. Begitu juga dengan tanaman hias, yang dapat memberikan sumbangsih penghijauan, terutama di daerah perkotaan. Terlebih pada masa sekarang ini, dimana global warming adalah suatu hal yang tidak dapat dipungkir telah terjadi sehingga adanya terarium menjadi cara yang tepat.
Untuk anda yang ingin mencoba silahkan melengkapi bahan dan alatnya. Sama seperti cara menanam yang lain hanya saja bukan menggunakan polybag atau pot melainkan kaca. Jangan lupa untuk memberikan air pada tanaman namun bukan dengan menyiramnya karena akan menggenang. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyemportkan menggunakan penyemport air.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *