Kelebihan dan Kekurangan Mulsa Plastik dalam Pertanian

Pertanian jaman sekarang sudah sangat modern, begitupun dengan cara menanam di Indonesia. Sudah banyak kecanggihan yang ada bahkan semakin menguntungkan Petani Indonesia. Salah satunya adalah penggunaan mulsa instan atau mulsa plastik. Mulsa merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk menutupi tanah sehingga tanaman tidak akan terserang, gulma dan juga terkena matahari berlebihan.

Mulsa adalah material penutup tanaman budidaya yang dimaksudkan untuk menjaga kelembaban tanah serta menekan pertumbuhan gulma dan penyakit sehingga membuat tanaman tumbuh dengan baik. Mulsa dapat bersifat permanen seperti serpihan kayu, atau sementara seperti mulsa plastik. Mulsa dibedakan menjadi dua macam dilihat dari bahan asalnya, yaitu mulsa organik dan anorganik. Mulsa organik berasal dari bahan-bahan alami yang mudah terurai seperti sisa-sisa tanaman seperti jerami dan alang-alang. Mulsa organik diberikan setelah tanaman /bibit ditanam. Keuntungan mulsa organik adalah dan lebih ekonomis (murah), mudah didapatkan, dan dapat terurai sehingga menambah kandungan bahan organik dalam tanah. Contoh mulsa organik adalah alang-alang/ jerami, ataupun cacahan batang dan daun dari tanaman jenis rumput-rumputan lainnya.

Mulsa juga bisa menambah kesuburan tanah yang ada dan mengurangi penguapan air di tanah. Nah pada Petani Indonesia kali ini kita akan membahas apa saja keuntungan dan kelemahan yang dihadirkan oleh mulsa khususnya mulsa plastik. Pada tanah darat, untuk mengatasi kemungkinan keadaan yang kurang sesuai, maka diadakan mulching (pemberian mulsa). Jenis mulsa sendiri terdiri dari mulsa putih, mulsa dua warna (hitam perak).

Kelebihan Mulsa Plastik

mulsa123.blogspot.com

Kelebihannya antara lain, pertama dengan menggunakan mulsa maka tanaman akan cepat panen hal ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan. Bahkan masa panen tanaman bisa lebih cepat 7-10 hari dari yang seharusnya. Sehingga jika anda ingin meningkatkan pemanenan bisa menggunakan mulsa.
Selanjutnya hasil bisa meningkat, mengingat mulsa bisa melindungi tanaman dan juga mengurangi penguapan air maka akan menjadikan panen tanaman meningkat tinggi. Terutama untuk tanaman yang manja dan rentan rusak.

Selanjutnya adalah penggunaan air lebih hemat, karena penguapan berkurang dengan menggunakan mulsa plastik ini. Meningkatkan efisiensi penggunaan nutrisi pada tanaman terutama dibagian zona akar. Selain itu unsur hara akan terjaga dengan baik tanpa hilang atau adanya erosi dan sejenisnya karena mulsa plastik bisa menyelematkan kehilangan atau tercuci tersebut.

Dengan menggunakan mulsa plastik dapat terhindar dari gulma, dikarenakan areal untuk ditanami hanya cukup untuk tanaman yang akan dipelihara, selebihnya akan tertutup oleh mulsa. Mulsa plastik umumnya berwarna perak pada bagian atasnya, sehingga dapat memantulkan cahaya dari atas dan dapat mengenai bagian bawah daun sehingga hama yang ada dibawah daun akan terganggu dan bahkan pergi.
Dengan menggunakan mulsa dapat menjaga kelembaban didalam tanah, disaat kemarau air tidak mudah menguap dan disaat musim penghujan tidak terjadi genangan atau becek yang mengakibatkan busuknya akar, selain itu tentunya dengan menggunakan mulsa, areal tanaman akan terlihat rapih dan mempermudah pengendalian hama penyakit serta pemupukan.

Kekurangan Mulsa Plastik

tipspetani.com

Walau demikian penggunaan Mulsa dapat merugikan salah satunya karena :

1. Membutuhkan menambahkan biaya untuk beli bahan mulsa (plastik) dan pemasangannya di lapangan
2. Bikin lingkungan yang ideal untuk pergantian mikroorganisme musuh tanaman, misalnya patogen pemicunya damping-off dan busuk akar.
3. Pada musim kemarau, mulsa kering demikian riskan pada bahaya kebakaran.

Selain itu tentu anda tahu kan bahwa mulsa plastik mungkin bisa memiliki bahan yang bermasalah dan hal tersebut bisa menularkan pada tanaman. Meskipun tidak ditanam langsung dan juga disuntikan langsung kedalam tanah namun bahannya bisa membahayakan tanaman yang ada. Terutama jika yang ditanam adalah jenis sayuran yang dikonsumsi maka akan menakutkan efeknya. Kekurangan inilah yang benar-benar dihindari oleh para pengguna mulsa plastik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *