Lengkuas Merah : Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tidak tahu mengenai Lengkuas ? khususnya lengkuas merah ? rasanya Petani Indonesia sudah pasti tahu akan tanaman ini. Sebenarnya banyak masyarakat Indonesia dan anda mungkin yang menemukan lengkuas merah bukan di tanaman atau kebun melainkan di dapur. Lengkuas merupakan salah satu bahan yang biasa dijadikan bumbu atau rempah tambahan untuk memasak berbagai jenis masakan. Tidak semua menggunakan lengkuas, hanya beberapa resep saja.

Siapa sangka lengkuas merah bisa berguna disamping menjadi bumbu dapur. Selain manfaat-tanaman pegagan untuk kesehatan ada juga manfaat lengkuas merah untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja ?

1. Menghilangkan Demam

Lengkuas ternyata mengandung analgesik dan antipiretik dimana kedua kandungan ini bisa mengurangi rasa sakit seperti demam, serta dapat mengurangi infeksi akibat bakteri dan jamur.  Karena biasanya demam juga disebabkan oleh kedua biang tersebutm sehingga lengkuas merah bisa mengatasi keduanya. Penggunaan obat dari lengkuas juga bisa memberikan efek penghambatan in vitro pada banyak bakteri patogen seperti anthrax bacillus, hemolitik streptokokus dan berbagai strain staphylococcus.

2. Meremajakan Kulit

Kandungan antioksidan dalam lengkuas merah khususnya mampu menghilangkan racun-racun dari tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.  Untuk anda yang ingin cantik, tak melulu datang dari bahan kimia berbahaya atau jika anda tahu dari lidah buaya saja. Nyatanya lengkuas merah bisa membantu  pelepasan nutrisi ekstra untuk jaringan kulit, sehingga mampu mencegah radikal bebas yang merusak kulit, serta menjaga keremajaan kulit, kulit anda tentu akan semakin mulus dan juga cantik.

tipsperawatancantik.com

3. Pertumbuhan Rambut

Minyak yang dihasilkan dari lengkuas khususnya lengkuas merah nyatanya bisa membantu proses pertumbuhan rambut, terutama untuk Petani Indonesia yang mengalami kerontokan parah atau permasalahan pada rambut. Anda bisa menggunakan minyak yang dibuat dari lengkuas kemudian dioleskan secara tipis saja. Kandungan asam lemak didalamnya juga bisa membantu pertumbuhan rambut yang tipis. Jangan lupa setelah menggunakan minyak lengkuas diamkan saja, kemudian setelah selesai bilas hingga bersih dan serat atau minyak lengkuas tidak bersisa.

4. Mengeluarkan Racun

Ketika anda mengonsumsi sesuatu terutama makanan yang mengandung bahan kimia, secara tidak langsung anda sudah mengonsumsi racun yang bisa memicu gangguan kesehatan yang cukup serius. Oleh sebab itu, untuk mengeluarkan racun tersebut di butuhkan bantuan dari bahan makanan yang menyehatkan dan kaya nutrisi, meskipun tidak mudah membersihkan racun yang sudah masuk kedalam tubuh.

Kandungan nutrisi yang ada pada lengkuas akan bekerja untuk mengeluarkan racun. Selain itu kehadiran antioksidan juga mampu menangkal radikal bebas yang akan merusak kulit. Anda bisa mengonsumsi lengkuas secara rutin jika memang anda merasa gaya hidup yang dijalani benar-benar buruk atau jelek.

5. Membersihkan Ketombe

Ketombe merupakan jamur atau sisa kulit mati yang masih hinggap dikepala anda. Ketombe seringkali menjadi masalah yang umum terjadi di kulit kepala terutama untuk anda yang berkerudung karena ditutup oleh kain. Nah, anda bisa menggunakan kkstrak lengkuas yang bertindak sebagai antiseptik akan sangat membantu dalam menyingkirkan ketombe, terutama jika ketombe bersifat permanen. Minyak yang diekstrak dari lengkuas dapat diterapkan pada kulit kepala. Atau, campurkan dengan manfaat minyak zaitun maupun minyak wijen. Jangan lupa agar bersih anda membilasnya harus benar-benar sampai hilang atau bersih.

commons.wikimedia.org

6. Mengobati Radang

Lengkuas bersifat antioksidan dan anti inflamasi, hal ini juga sebenarnya bisa dilakukan oleh saudara dari lengkuas yakni Jahe. Dimana jahe selalu digunakan untuk mengobati permasalahan tenggorokan. Namun lengkuas merah memiliki fungsi yang sama dimana rempah ini memiliki kandungan galangin, dan karioferidanya yang akan menambah khasiat tanaman itu sendiri. Sehingga sangat ampuh untuk meredakan radang terutama karena anda salah makan atau luka.

Nah jangan takut dan ragu lagi untuk mengonsumsi lengkuas, mengingat terkadang obat alami sangat aman dan tidak memberikan efek samping. Terutama jika anda mengonsumsinya terus menerus dan berkelanjutan, untuk membuat lengkuas merah menjadi obat cukup direbus dan diambil airnya, atau dibuat menjadi minyak atau bisa anda hancurkan kemudian rebus dan saring. Setelah itu minum airnya untuk mendapatkan khasiat yang baik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *