Nutrisi untuk Hidroponik yang Wajib Anda Ketahui

Hidroponik merupakan cara menanam yang baru dimana tidak membutuhkan tanah dalam pengembangan. Hal ini berkembang dan banyak digunakan di negara maju seperti Jepang khususnya. Meskipun tidak menggunakan tanah para petani dan peneliti membuktikan bahwa mereka bisa menumbuhkan tanaman khususnya sayuran ya

Pertumbuhan tanaman Hidroponik yang bagus dan juga optimal sebenarnya bergantung pada beberapa faktor. Dimana faktor yang mempengaruhi adalah sisi pencahayaan, nutrisi dan juga jenis tanamannya. Terkadang tipe hidroponiknya juga bisa mengingat hidroponik bisa dilakukan dengan berbagai bentuk dan berbagai cara. Peran nutrisi disini sangat penting sebab pertumbuhan tanaman ini hanya menggunakan media air total dan juga nutrisi tanpa melibatkan media tanah seperti umumnya tanah. Oleh sebab itu dibutuhkan pemberian nutrisi dari formula yang tepat serta sesuai dosis yang dibutuhkan.

Nutrisi hidrponik adalah sebuah pupuk hidroponik yang memiliki kandungan yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan tanaman yakni seperti unsur hara baik makro serta mikro, kandungan tersebut merupakan kandungan yang diperlukan oleh tanaman hidroponik.

Nutrisi ataupun pupuk merupakan bahan yang bisa membantu menumbuhkan tanaman. Nutrisi ini dibuat dengan ramuan alias formulasi khusus yang dicocokan  berdasarkan jenis serta fase pertumbuhan yang ada pada tanaman. Nutrisi hidroponik sendiri dibuat untuk bisa mendukung perkembangan tumbuhan dan memicu tanaman tersebut untuk bisa tumbuh.

Untuk Petani Indonesia yang baru pertama kali menanam dengan menggunakan konsep hidroponik tentunya, Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi faktor-faktor yang menjadi penentu keberhasilan dari tanaman yang Petani Indonesia tanam sendiri.

Untuk membeli nutrisi memang mahal mengingat bahan ini merupakan penentu terbesar bagaimana tanaman bisa berkembang dan tumbuh dengan baik. Padahal Petani Indonesia bisa membuat sendiri nutrisi hidroponik menggunakan bahan-bahan yang murah, atau nutrisi buatan. Untuk anda yang ingin buat sendiri ada beberapa jenis yaitu diantaranya :

  1. Nasi basi

  2. Kotoran kelinci

  3. Daun-daun kering

  4. Batang pisang

  5. Kotoran kambing

  6. Kombinasi pupuk

  7. Kombinasi pupuk

 

Belajarberkebun.com

Namun jika anda ingin lebih mudah dan ringan lagi anda bisa membelinya karena jenis nutrisi instan juga bisa anda dapatkan bebas di tukang jualan dan sejenisnya. Jenis-jenisnya pun bermacam-macam. Berikut ini beberapa jenis nutrisi yang bisa anda gunakan :

jenis nutrisi ab mix untuk hidroponik  ataupun jenis nutrisi hidroponik goodplant, nutrisi hidroponik ab mix, nutrisi hidroponik alami, nutrisi hidroponik buah, nutrisi hidroponik sayuran, nutrisi hidroponik cair, dan sejenisnya.

Dengan cara anorganik biasanya nutrisi hidroponik terbuat dari tanaman-tanaman dan beberapa bahan instan dan bahan kimia, meskipun begitu beberapa perusahaan tetap mengklaim bahwa nutrisi mereka aman. Ataupun nutrisi organik yang terdiri dari tanaman dan juga beberapa bahan alami.

Namun jika anda menginginkan bahan dan juga unsur makro, nutrisi hidroponik murah biasanya dibuat secara sederhana biasanya disebut juga dengan nutrisi hidroponik sederhana.

Dalam hidroponik juga terdapat dua jenis nutrisi yang biasa disebut nutrisi A dan nutrisi B.

Cara menggunakannya dan membuat takaran campuran air nutrisi pada sayur hidroponik yang tepat adalah :

1). 5ml Nutrisi A + 5 ml Nutrisi B dicampur dengan  1 Liter air  pada minggu 1 dan 2

2). 6ml Nutrisi A + 6 ml Nutrisi B dicampur dengan  1 Liter air  pada minggu 3 dan 4

3). 7ml Nutrisi A + 57 ml Nutrisi B dicampur dengan  1 Liter air  pada minggu 5 sampai masa panen

Takaran diatas sebenarnya bisa saja berbeda-beda karena tergantung jenis tanamannya. Misalnya saja untuk usia panen tanaman hidroponik yang masuk kedalam tanaman panen cepat seperti kangkung tidak mungkin minggu ke 5 baru memberikan nutrisi.

Kangkung hanya butuh  25-35 hari HSS (Hari Setelah Semai) sedangkan untuk sayur yang lain semisal bayam, selada,sawi dll rata-rata hampir 2 bulanan waktu untuk bisa dipanen. Sehingga tidak mungkin diberikan nutrisi pada usia tersebut.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *