Tanaman Putri Malu, Segudang Manfaat yang Tersembunyi

Daun putri malu merupakan jenis semak atau daun yang populer dengan gerakannya yang langsung menutup ketika disentuh. Hal tersebut bisa terjadi karena daun ini memiliki kepekaan rangsangan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis daun lainnya. Tanaman putri malu banyak ditemukan di perkebunan namun tidak sekarang ini mengingat vegetasi tanaman sudah jauh berkurang.

Bentuk daun ini mirip seperti daun saga namun ujung daunnya lebih runcing dengan warna hijau yang segar. Putri malu memiliki jenis bunga yang unik, yaitu berwarna putih keunguan dengan serat bunga yang halus dan lembut. Sama halnya dengan Fun Facts mengenai Tanaman Lidah buaya yang juga menguntungkan dan menyehatkan.

Namun kenyataan para Petani Indonesia tidak tahu bahwa tanaman putri malu memiliki segudang manfaat, apa saja diantaranya ?

tokopedia.com

Mengobati bronkitis kronik

tanaman putri malu dipercaya bisa mengobati Bronkitis, Bronkitis merupakan salah satu penyakit yang menyerang paru-paru. Bagi anda yang kini tengah mengalami gangguan kesehatan ini anda bisa mengobatinya dengan tanaman putri malu. Caranya cukup dengan merebus 60 gram akar putri malu dengan air sebanyak 600 cc, di rebus dengan menggunakan air kecil hingga tersisa menjadi 200 cc. Lalu airnya di bagi untuk 2 kali minum.

Mengobati rematik

Bagi anda juga yang kini tengah mengalami rematik, anda dapat mengatasinya dengan ramuan herba berikut ini. Caranya yaitu dengan mengolah akar dau putri malu ini dengan cara merendamnya  dalam arak p[utih 5000 cc selama 2 minggu. Kemudian tempelkan di tempat yang sakit.

Menurunkan Demam

Khasiat daun putri malu untuk demam yaitu dapat menurunkan panas yang diakibatkan oleh demam. Daun ini juga akan menjaga suhu tubuh Anda sehingga panas demam tidak akan kembali lagi menyerang.

Mengobati Insomnis

Buat kamu yang kerap begadang dan akhirnya membuat kamu susah tidur maka wajib banget coba ramuan dari tanaman ini. Sama seperti cara mengobati tiga penyakit di atas. Untuk menyembuhkanmu dari insomnia, kamu cukup merebus 50 gram tumbuhan putri malu dengan air secukupnya.

Mengobati Asma

Bagi anda yang kini tengah menderita asma, anda dapat mengobatinya dengan menggunakan tanaman ini. Caranya silahkan rebus 10 gram herba putri malu dalam 100 ml air. Rebus selama 15 menit dan setelah dingin anda bisa mengonsumsinya 3x sehari sebanyak 1-2 sendok makan.

Selain dari pada itu, masih banyak khasiat daun putri malu beserta seluruh bagian tumbuhannya untuk  di jadikan sebagai pengobatan tradisional. Bahkan pengobatan herbal China dan Amerika Serikat mengindikasikan bahwasannya tanaman ini mampu mengobati penyakit lainnya seperti radang mata, wasir, diabetes kencing batu, demam tinggi pada anak, dan juga herpes. Hal tersebut tidak mungkin karena tidak adanya sebab.

Karena tumbuhan putri malu sendiri mengandung berbagai sifat kimiawi dan efek farmakologismanis, astrigen dan aga dingin. Selain itu juga penenang (tranquiliser), sedanative, peluruh dahak (expectorant), antibatuk (antitussive), penurun panas (antipiretic), antiradang (antiinflammatory), peluruh air seni (diuretic) dan bahan lainnya.

Jika anda ingin mengonsumsinya secara teratur dan merasakan khasiatnya. Nah, segala sesuatu yang berlebihan pastilah tidak baik bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, hentikanlah untuk mengkosumsi ramuan putri malu jika dirasa sudah banyak perubahan dan kemajuan. Satu hal yang perlu diingat, bahwa sebaiknya wanita yang sedang hamil sangat dilarang mengkosumsi tumbuhan ini karena berdampak buruk untuk janin. Manfaat Tanaman Pegagan untuk Kesehatan begitupun dengan tanaman putri malu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *